Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan


Sumber gambar : food.detik.com

Halo sobat ajibers semua dimanapun berada dari sabang sampai merauke !! kali ini kita akan membahas mtentang masalah buah - buahan nih, dan kali ini kita akan menguak manfaat - manfaat apasaja yang bisa kita dapatkan dari buah "Srikaya". apakah dari kalian ada yang menyukai buah srikaya ? atau kalian ingin tau manfaat apa sajakah yang ada didalam buah srikaya ini ? nah kebetulan sekali nih ! artikel ini sangat cocok dan tepat untuk kalian baca.

Buah srikaya merupakan tanaman "semak semi hijau abadi"  atau pohon yang meranggas bisa menjapai ketinggian 8 meter tingginya. Buah srikaya ini mempunyai rasa yang manis dan sangat digemari dari semua kalangan , mulai dari orang tua , muda , anak - anak semua rata - rata sangat menyukai rasa buah srikaya ini. Buah yang mempunyai nama latin "Annona Squamosa"  dan merupakan buah asli daerah tropis ini sering di gunakan sebagai "Tonik Rambut" di india tepatnya dan juga manfaat dari bijinya itu sendiri di percaya mampu mampu membasmi kutu - kutu di kepala seseorang.

Selain rasanya yang sangat enak , manis dan digemari semua orang, buah srikaya juga mempunyai kandungan gizi dan vitamin - vitamin yang sangat banyak, berikut adalah kandungan gizi yang terdapat didalam buah srikaya :

  • Energi sebesar 63 kkal
  • Karbohidrat sampai 13,9 gr
  • Protein sebanyak 1,1 gr
  •  Lemak total 0,5 gr
  • Kalsium sejumlah 127 mg
  • Fosfor sampai 30 mg
  • Zat Besi sebanyak 2,7 mg
  • Vitamin A sebesar 0 IU
  • Vitamin C mencapai 28,3 mg
  • Vitamin B1 sejumlah 0,08 mg 

Buah srikaya juga mempunyai manfaat - manfaat terutama bagi kesehatan yang bisa kita dapatkan apabila mengkonsumsinya secara teratur, dan berikut adalah manfaat srikaya bagi kesehatan :

1. MENCEGAH ASMA
Buah srikaya dapat mencegah penyakit asma pada seseorang, itu dikarenakan kandungan vitamin C didalam buah srikaya yang bersifat antioksidan yang bisa mencegah berbagai jenis penyakit terutama "Asma". dan buah srikaya ini sangat baik di konsumsi oleh penderita asma.

2. MENGONTROL GULA DARA
Buah srikaya juga dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh kita.

3. MENURUNKAN DARAH TINGGI
Kandungan "Potasium" yang terkandung didalam buah srikaya mampu mengontrol efek dari "Sodium" didalam tubuh sehingga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

4. MENJAGA KESEHATAN JANTUNG
Buah srikaya  mengandung vitamin B dan vitamin B ini mampu mencegah berkembangnya "homocystein"  yang merupakan penyebab dari penyakit jantung koroner.

5. PENAMBAH ENERGI
Didalam buah srikaya terdapat kandungan "Thiamin" yang merupakan suatu zat yang mampu mengubah gula menjadi energi. Apabil kita sedang letih setelah beraktifitas seharian, sangat baik kita mengkonsumsi buah srikaya ini karna mampu mengembalikan energi yang hilang.

6. BAIK UNTUK TULANG
Kandungan magnesium dan fosfor yang terkandung didalam buah srikaya ini sudah terbukti mampu menjaga kepadatan tulang ,sehingga tulang kita akan tetep kuat dan kokoh.

7. MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL JAHAT
Buah srikaya ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh, itu dikarenakan kandungan "Niacin" didalam buah srikaya mampu merangsang pertumbuhan dan peningkatan "kolesterol baik" didalam tubuh.

8. MENCEGAH GANGGUAN KEHAMILAN
Kandungan "Folat" didalam buah srikaya ini ternyata mampu mencegah terjadinya gangguan kehamilan dan menghindarkan dari kecacatan pada bayi.

9. MELANCARKAN PENCERNAAN
Kandungan serat didalam buah srikaya ini mampu membantu dan memperlancar pencernaan dalam tubuh kita.

Nah begitulah sobat, manfaat - manfaat serta kandungan gizi yang terdapat didalam buah srikaya yang perlu kita ketahui, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua :) dan tentunya menambah wawasan serta pengeatahuan !!! nantikan artikel - artikel menarik lainya yah... dadaaa


0 Response to "Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan"

Post a Comment