Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan


Halo sobat ajjibers semua dimanapun berada !! kali ini kita akan membahas mengenai manfaat buah, yaitu "Buah Kedondong". Kedondong merupakan tanaman buah yang masih tergolong kedalam suku mangga - manggaan ( anacardiaceae ) . Dan tanaman kedondong ini mempunyai nama - nama yang berbeda di setiap negara :

  • PHILIPINE = Ambarella , Hog Plum dan Hevi
  • KAMBOJA = Mokah
  • MYANMAR = Gway
  • THAILAND = Makak Farang
Buah kedondong merupakan buah yang dapat di konsumsi mentah - mentah atau pun bisa disajikan dalam bentuk rujak , manisan ataupun jus.
Di indonesia buah ini paling banyak dijadikan rujak karena rasa segar manis asam dari buah ini menyatu dengan rasa bumbu rujak yang pedas dan kemudian menghasilkan rasa dan sensasi yang sangat - sangat di sukai oleh sebagian besar masyarakat indonesia yang notabene penyuka makanan pedas.

Dan berikut adalah kandungan gizi buah kedondong :


  • Jumlah Kandungan Energi Buah Kedondong Masak = 41 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Buah Kedondong Masak = 1 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Buah Kedondong Masak = 0,1 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Kedondong Masak = 10,3 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Buah Kedondong Masak = 15 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Buah Kedondong Masak = 22 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Buah Kedondong Masak = 3 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Buah Kedondong Masak = 233 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Kedondong Masak = 0,08 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Kedondong Masak = 30 mg
Selain rasa dari buah kedondong yang segar , manis , asam yang bersatu padu, ternyata buah kedondong mempunyai banyak manfaat terutama bagi kesehatan manusia. 
Berikut adalah manfaat - manfaat buah kedondong bagi kesehatan :

1. BAIK UNTUK MATA
Buah kedondong sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan dapat menyehatkan pengelihatan karena didalam buah kedondong terdapat kandungan Vitamin A.

2. MENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH DA ENERGI
Didalam buah kedondong terdapat kandungan gula dalam bentuk "Surkosa" yang dimana gula alami ini dapat membantu menambah energi dikala badan letih ketika seharian beraktifitas.

3. PENANGKAL RADIKAL BEBAS
Vitamin C yang terkandung didalam buah kedondong ini bersifat antioksidan, dan mampu menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit.

4. BAGUS UNTUK KULIT
Buah kedondong mengandung vitamin C , dan vitamin C sudah terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan kulit,

5. MENGATASI ANEMIA
Kandungan zat besi pada buah kedondong mampu berberan dalam pembentukan sel darah merah, selain itu pada buah kedondong ini mengandung vitamin B1 yang membantu produksi darah merah dan mengalirkanya keseluruh tubuh.

6. PENGENDALI KADAR KOLESTEROL
Vitamin c didalam buah kedondong dapat membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu yang mungkin memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu , dan sehingga buah kedondong itu mampu mengendalikan kadar kolesterol.

7. MENJAGA KESEHATAN TULANG DAN GIGI
Ternyata buah kedondong ini juga dapat berperan untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, itu dikarenakan didalam buah kedondong terdapat kandungan "Fosfor" dan "kalsium".

8. MEMPERLANCAR PENCERNAAN
Buah kedondong merupakan buah yang kaya akan serat sehingga dapat membantu proses pencernaan didalam tubuh menjadi lebih baik dan sehat.


Nah begitulah sobat manfaat - manfaat buah kedondong bagi kesehatan tubuh kita, dan semoga dengan membaca artikel ini kita menjadi tahu serta bisa menambah pengetahuan serta wawasan tentang manfaat - manfaat buah terutama buah kedondong :)

Jangan lupa nantikan artikel - artikel menarik lainya yah, dadaaaaa



0 Response to "Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan"

Post a Comment