Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh


Halo sobat ajibers semua dimanapun berada !!! gimana kabarnya nih ? hehe semoga kita selalu dalam keadaan sehat ya dan dimurahkan rejekinya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat buah kelapa nih akan tetapi kita akan membahas "air" buah kelapa.
Buah kelapa mempunyai nama latin "cocos nucifera"  yang merupakan anggota tunggal dalam marga "cocos" dari suku "aren-arenan" atau "arecaceae". Buah yang satu ini hampir dari batang , daun , buah , serabut semuanya bisa dimanfaatkan. Dan tumbuhan kelapa ini diperkirakan berasal dari pesisir samudra hindia di sisi asia dan sekarang sudah menyebar di hampir seluruh kawasan di berbagai dunia khususnya kawasan tropica.

Di indonesia sendiri "air kelapa" ini sangat disukai oleh masyarakat indonesia karna mempunyai rasa yang manis, segar dan terkadang mempunyai rasa aasam ketik di minum dan di percaya mampu mengembalikan energi ketika letih ini sangat terbukti dengan banyaknya produk - produk khususnya produk minuman yang menggunakan "air kelapa" sebagai bahan bakunya.

KANDUNGAN GIZI BUAH KELAPA : 

  • Vitamin C
  • Asam nikotinat
  • Asam pantotenat
  • biotin
  • riboflavin
  • dan juga asam folat.

Selain mempunyai rasa yang enak , menyegarkan ternyata "air buah" kelapa ini juga mempunyai beberapa manfaat terutama bagi kesehatan tubuh manusia , seperti :

1. MENGHILANGKAN DEHIDRASI ( KEKURANGAN CAIRAN TUBUH )
Air kelapa sejak dulu sudah dipercaya dapat menghilangkan dehidrasi yang melanda seseorang yang di akibatkan dari panas teriknya sinar mata hari karna kurangnya asupan air di dalam tubuh seseorang. Dan kandungan elektrolit yang seimbang didalam air buah kelapa ini sangat baik untuk mengobati kekurangan cairan tubuh.

2. MENGHAMBAT PENUAAN DINI
Kandungan asam laurat dan sitokin yang berberan dalam membantu proses pertumbuhan dan regulasi sel  dan juga dapat membantu menyeimbangkan tingkat "PH" pada kulita dan menjaga jaringan kulit tetap baik.

3. MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH ( SISTEM IMUN )
Didalam air buah keplapa banyak sekali terkandung gizi serta vitamin seperti riboflavin, niasin, thiamin serta piridoksin dan folat. Dan air kelapa mempunyai sifat anti virus serta anti bakteri yang dapat menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia.

4. MENGOBATI BATU GINJAL
Ternyata air kelapa juga dapat menyembuhkan para penderita batu ginjal karena didalam air kelapa terkandung "Kalium" yang berperan penting dalam proses alkali urin dan sebagai pencegah pembentukan batu ginjal.

5. BAIK UNTUK IBU HAMIL
Air kelapa merupakan minuman yang sangat bagus apabila dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat meredakan "morning sickness"  serta mencegah terjadinya muntah - muntah pada ibu hamil dan vitamin C pada air kelapa juga sangat di buuhkan ketika proses kehamilan.

6. BAIK UNTUK KESEHATAN KULIT
Air kelapa sangat bagus bagi kulit, dan untuk cara mendapatkan manfaatnya cukup basuh muka dengan air kelapa dan diamkan semalaman. alangkah baiknya cara ini dilakukan rutin setiap 2 hari sekali.

7. MENGONTROL DAN MENURUNKAN DIABETES
Air kelapa dapat membantu proses dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan proses ini dapat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang tersumbat atau mengecil alhasil darah bisa mengalir dengan lancar dan baik, dan inilah yang dapat menghindari serta mengobati diabetes.

8. SEBAGAI ANTIOKSIDAN
Air kelapa mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh karena didalam air buah kelapa cukup banyak terkandung antioksidan.

9. MENGURANGI TEKANAN DARAH TINGGI
Air kelapa dapat membantu menurunkan dan mengobati darah tinggi dan menyeimbangkan kadar elektrolit dalam tubuh karena kadar elektrolit yang tinggi didalam tubuh menyebabkan tekanan darah tinggi.


Nah begitulah sobat kandungan dan manfaat yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi air kelapa secara teratur !! nantikan artikel - artikel menarik lainya yah !! dadaa

0 Response to "Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment