Cara Mengoptimalkan Google Webmaster







Google webmaster merupakan sebuah fasilitas yang disediakan oleh google khususnya kepada para blogger agar bisa dimanfaatkan untuk keperluan pengoptimalan pada mesin pencarian. Google webmaster ini mempunyai berbagaimacam fitur - fitur unik namun belum banyak diketahui oleh para blogger di indonesia.

Kebanyakan orang menganggap google webmaster itu hanyalah tempat untuk memasukan atau submit sitemap blog / website agar artikel cepat terindex dengan mudah, sehingga kegunaan dari google webmaster ini tidak dimanfaatkan secara optimal untuk keperluan SEO.

Sudah banyak sekali berbagai macam cara yang ditempuh oleh seorang blogger agar artikel mereka menempati posisi teratas dalam mesin pencarian dan cepat terindex / terbaca oleh mesin pencarian sehingga para pengunjung akan membanjiri blog tersebut, alhasil traffic akan terus meningkat drastis.

Namun banyak juga yang gagal dalam mencapai tujuan tersebut, sudah banyak sekali cara yang digunakan akan tetapi traffic kunjungan blog tidak ada perubahan dan malah jumlah kunjungan menjadi turun drastis akibat kesalahan dari cara yang diterapkan dan tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Sebenarnya tidak perlu menggunakan terlalu banyak cara dalam mendongkrak traffic blog / website, cukup hanya dengan memanfaatkan fitur - fitur yang diberikan secara gratis oleh google yaitu pada google webmaster.

Lantas bagaimana cara mengoptimalkan kinerja dari google webmaster tersebut ? agar traffic blog bisa meningkat dan artikel bisa cepat terindex pada mesin pencarian ? jawabanya ya tentu saja ada pada artikel ini, karena saya akan memberikan tips tentang cara mengoptimalkan google webmaster dengan benar dan aman.

Berikut adalah tips / cara mengoptimalkan kinerja google webmaster agar lebih SEO  :

1. ( Submit sitemap blog / website ke google webmaster )

Pastikan kalian sudah submit sitemap blog kalian pada google webmaster, apabila belum kalian bisa membaca bagaimana cara submit sitemap blog disini ( Baca )

2. Harus mengaktifkan  robots.txt )

Agar kinerja google webmaster lebih baik maka kalian harus mengaktifkan dan menyetting "Robots.txt" pada blog. belum tau cara mengaktifkan dan setting Robots.txt ? baca disini ( Baca )

3.  ( Gunakan Fiture "Fetch As Google" )

Masukan artikel yang baru kalian buat pada menu "Fetch As Google" karena cara Ini akan membantu setiap artikel yang baru dibuat agar langsung terbaca dan terindex pada mesin pencarian. lakukan cara ini setelah membuat artikel baru. baca disini caranya  ( Baca )

3. Mengaktifkan fitur "International Targeting" )

Cara ini banyak yang tidak mengetahui, ini bertujuan untuk menyasar target visitor yang dari indonesia saja. dan hasilnya pengunjung blog kebanyakan orang indonesia karena kita ada di indonesia. apabila blog kalian berbahasa inggris maka biarkan default saja.

Caranya cukup mudah :
  • Masuk ke dashboard google webmaster kalian
  • Kemudian masuk ke bagian "Search Traffic"
  • Dan pilih "Interntional Targeting"
Dan kemudian kalian ceklis pada "target Users"  :



Kemudian klik seperti yang dibawah ini :


Dan selanjutnya pilih "Indonesia"



Kalian langsung saja klik "Save" untuk menyimpan


Dan selesai




0 Response to "Cara Mengoptimalkan Google Webmaster"

Post a Comment