Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan Tubuh






Ubi merupakan sebuah makanan yang banyak juga menyebut dan menganggap sebagai makanan kampungan dan makanan orang miskin. Hal itu mungkin disebabkan karena harga dari makanan ini sangatlah murah dan bisa dengan mudah kita jumpai serta bisa dijangkau oleh semua kalangan baik itu orang kaya maupun orang miskin.

Ubi merupakan makanan yang kental dengan sejarah perjuangan bangsa indonesia apabila kalian mendengar cerita - cerita orang tua, ubi adalah makanan orang - orang indonesia pada zaman penjajahan, karena mereka tidak punya cukup uang untuk mebeli makanan yang cukup mahal pada saat itu. Oleh karena itu para pejuang kita memanfaatkan ubi sebagai makanan sehari - hari karena harganya murah dan sangat mudah ditanam di wilayah tropis seperti indonesia.

Meski banyak orang yang mengatakan ubi makanan kampungan tapi lama - kelamaan pendapat itu akan tergerus karena pada saat ini sangat banyak sekali olahan - olahan makanan yang berbahan dasar ubi yang rasanya nikmat dan tentunya memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Dan justru makanan yang berbahan dasar ubi tersebut lebih banyak dijual di restoran - restoran mewah.

Ubi mempunyai berbagai macam jenis mulai dari ubi yang dagignya berwarna putih , ungu ataupun berwarna oranya. Namun ubi yang paling terkenal itu adalah ubi ungu karena mempunyai keunikan dari segi rasa dan warnanya. Banyak toko - toko kue yang memanfaatkan warna ungu dari si ubi ini sebagai pewarna alami pada makanan - makanan yang mereka buat.

Kalau dari segi rasa, memang rasa dari ubi ungi ini agak sedikit berbeda karena mempunyai manis yang cukup berbeda dengan ubi - ubi pada umumnya. Ketika dimakan rasa daging nya ubinya sangat lembut dan sangat cocok dimakan ketika cuaca sedang hujan sambil ditemani minum teh maupun kopi seperti kebiasaan orang indonesia pada umumnya.

Dibalik statusnya sebagai makanan kampungan dan banyak diremehkan orang, ternyata ubi ungu ini mempunyai manfaat yang sangat luar biasa :

1.  Mencegah Kanker

Ubi merupakan salah satu tanaman yang mengandung betakaroten, vitamin C dan E yang dimana sangat berperan aktif dalam mencegah pertumbuhan sel - sel kanker.

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang sangat banyak pada ubi ungu dapat memperlancar dan membantu pencernaan agar lebih baik. dan sangat cocok dikonsumsi ketika sedang mengalami gangguan pencernaan.

3. Anti Bakteri

Ubi ungu 3 kali lebih baik dibandingkan dengan tanaman jenis blueberry dalam hal anti bakteri yang akan membantu melawan bakteri didalam tubuh.

4. Sumber Karbohidrat

Kandungan karbohidrat pada ubi ungu cukup banyak sehingga sangat cocok dijadikan alternatif pengganti nasi yang merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat di ASEAN.

5. Baik Untuk Mata

Kandungan Vitamin A pada ubi ungu sangat baik dalam menjaga kesehatan mata.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Ubi ungu dapat melancarkan peredaran darah karena kandungan Zat antosianin yang merupakan zat antioksidan yang berguna untuk menghambat pembekuan darah.

7. Aman Untuk Penderita Diabetes

Rasa manis pada ubi ungu ini tidak akan membahayakan penderita diabetes, dan bisa dijadikan pengganti nasi bagi penderita diabetes.



0 Response to "Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment