Tips Agar Mie Instan Aman Di Konsumsi





Mie instant merupakan sebuah produk makanan cepat saji dan merupakan mie yang sudah dimasak terlebih dahulu sebelum di kemas sampai pada akhirnya sampai ke tangan konsumen. Hanya dengan menggunakan air panas, mie instan ini sudah dapat dikonsumsi hanya dalam waktu hitungan menit saja, hal itulah yang menjadikan mie instan ini banyak sekali diburu oleh masyarakat khususnya bagi orang yang sibuk dan tidak mempunyai banyak waktu untuk memasak.

Rata - rata produk mie instan memiliki harga yang relatif terjangkau dan bisa dengan mudah kita dapatkan di berbagai tempat, seperti supermarket atau bahkan kios - kios di pinggir jalan selalu menjual makanan cepat saji ini. Banyak yang bilang mengkonsumsi mie instan itu bahaya, namun hal itu tidak sepenuhnya benar karena tergantung dari cara pengolahanya dan jumlah konsumsi mie instan yang harus diperhatikan.

Apakah anda sudah tau atau pernah mendengar ? bahwa indonesia merupakan negara dengan jumlah konsumsi mie instan terbesar nomor 2 di duni setelah china ! bahkan mengalahkan jepang yang banyak sekali olahan produk mie nya seperti ramen dan masih banyak lainya dan jepang sendiri berada pada posisi ke 3. Banyak orang yang takut mengkonsumsi mie instan karena mendengar informasi - informasi yang buruk mengenai mie instan mulai dari penyakit usus buntu lah dan masih banyak lainya.

Yang namanya makanan cepat saji pastilah menggunakan bahan kimia dan tidak hanya pada mie instant saja, hampir produk - produk makanan dan minuman yang beredar di dunia ini 80% menggunakan bahan kimia entah itu untuk mengawetkan atau penyedap rasa dan pewarnanya. Lantas bagaimana cara agar meminimalisir bahaya dari mengkonsumsi mie instan ? caranya sangay gampang sekali dan saya yakin sekali ketika anda selesai membaca artikel ini anda tidak akan takut lagi untuk mengkonsumsi mie instan.

Berikut adalah tips - tips cara mengkonsumsi mie instan yang aman :

1. Konsumsilah mie instant sebanyak 2 bungkus saja dalam 1 minggu, mengapa ? karena seperti yang kita ketahui ketika mie instan itu masuk kedalam tubuh membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk dicerna dibandingkan dengan makanan - makanan seperti nasi atau buah.

2. Sebelum membeli sampai akhirnya memasak mie instan alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu memperhatikan tanggal kadaluarsa dari mie tersebut.

3. Masaklah mie instant dengan waktu yang sedikit lama, mengapa ? karena proses perebusan yang agak lama dapat merontokan zat - zat kimia yang ada didalam mie tersebut.

4. Jika kita hendak memasak mie instan yang berkuah alangkah perhatikan hal dibawah ini :
  • Ketika mie sudah matang,  jangan pernah menggunakan air bekas rebusan mie tadi sebagai kuahnya, melainkan masak air yang baru yang akan dijadikan kuahnya. mengapa ? karena pada air rebusan mie itu tadi mengandung zat - zat kimia seperti lilin yang sudah terlepas karena pada saat proses perebusan.
5. Hentikan kebiasaan mengkonsumsi mie instan dengan menambahkan nasi, karena itu sangat tidak baik untuk kesehatan.

6. Tambahkan bahan - bahan pelengkap seperti sayuran atau telur pada saat menyajikan mie instan agar bisa memenuhi kebutuhan gizi.

Mengkonsumsi mie instan itu tidaklah berbahaya, asalkan dengan cara pengolahan yang tepat dan tidak mengkonsumsi secara berlebihan.

0 Response to "Tips Agar Mie Instan Aman Di Konsumsi"

Post a Comment