Tips Dan Cara Meningkatkan Traffic Blog




Jika kita berbicara mengenai yang namanya traffic itu semua pasti sangat erat sekali kaitanya dengan blog maupun website. Kesuksesan sebuah blog ditandai dengan jumlah pengunjung atau traffic pada blog tersebut sangat banyak dan juga mempunyai banyak sekali penggemar karena menyajikan berita yang dianggap menarik dan berkualitas.

Para blogger di seluruh dunia terus memacu diri mereka masing - masing untuk menjadi yang terbaik dan berlomba - lomba untuk mendapatkan dan meningkatkan kunjungan pada blog mereka. Jumlah kujungan yang banyak tentu akan mendatangkan berkah dan kepuasan hati bagi para blogger karena artikel - artikel yang mereka tulis dengan susah payah akhirnya mendapat sambutan positif  dan jumlah pembacanya semakin meningkat.

Faktor - faktor yang yang membuat sebuah blog itu mempunyai traffic yang bagus salah satunya adalah dari segi artikel yang menarik serta yang paling dicari - cari orang. Jika artikel yang sudah kita mempunyai banyak pengunjung atau pembaca dan juga menempati halaman pertama pada mesin pencarian yaitu harus memperhatikan berbagai macam hal, seperti kualitas artikel, judul artikel, template blog, kata kunci, dan masih banyak lagi lainya yang bisa mengoptimalkan artikel kita pada mesin pencarian.

Banyak juga kasus yang sudah saya temukan, disebuah blog mempunyai ratusan artikel namun jumlah pengunjung / visitor dari blog tersebut hanya sedikit, itu dikarenakan artikel - artikel pada blog tersebut kurang dioptimalkan sehingga kalah bersaing di mesin pencarian dengan artikel sejenis yang dimiliki oleh orang lain.


Saya akan membagi tips - tips mengenai cara mudah untuk meningkatkan traffic / visitor / kunjungan atau pembaca pada blog kita sehingga blog kita menjadi ramai dan artikel kita bisa terindex dengan baik pada mesin pencarian google dan lainya. 

Berikut adalah cara - cara meningkatkan traffic blog dengan mudah :

1. Membuat Artikel yang Menarik

Kalian harus mencoba untuk membuat artikel - artikel semenarik mungkin karena jika artikel kita menarik itu akan memberikan dampak positif pada peningkatan kunjungan blog kita yang akan menanjak, seperti menambahkan gambar serta screenshoot pada setiap artikel blog.

2. Membuat Artikel Yang Banyak Dicari Orang

Seorang blogger tidak hanyak harus pandai dalam menulis saja, karena itu semua tidak cukup dalam menjaring kunjungan yang banyak, seorang blogger harus berfikir kreatif dan bisa memikirkan artikel apa saja sih yang banyak dicari - cari orang pada saat ini dan yang sedang nge tren.

3. Mendaftarkan Sitemap Blog Ke Google Webmaster dan Bing Webmaster

Cara ini sangat ampuh dalam meningkatkan traffic blog, karena ketika kita sudah mendaftarkan sitemap blog kita, itu akan berdampak pada kecepatan terindex suatu artikel pada mesin pencarian google , bing maupun yahoo. sehingga artikel yang baru saja kita buat akan cepat muncul pada mesin pencarian hanya dalam waktu beberapa jam saja.

4. Judul Artikel Yang Memikat

Judul artikel ini juga sangat penting sekali, karena para calong pengunjung akan membaca terlebih dahulu judul - judul artikel sebuah blog pada mesin pencarian sebelum mereka memutuskan untuk mengunjungi artikel tersebut. Judul artikel yang menarik dan mengandung kata - kata penggugah orang untuk membuka artikel kita itu sangat bagus sekali dalam meningkatkan pengunjung. Karena orang akan tertarik seketika ketika membaca judul artikel kita.

5. Perhatikan Template Blog
  • Ringan Ketika Dibuka

Blog yang mempunyai page load cepat atau ringan ketika dibuka justru mempunyai kesempatan lebih besar untuk menempati posisi - posisi teratas pada mesin pencarian khususnya google. Karena ini adalah system google search engine yang terbaru, blog yang ringan akan mempunyai peluang yang besar menempati halaman pertama.

  • Responsiv dan mobile friendly
Ini adalah hal yang paling sering dilupakan dan dilewatkan oleh para blogger, karena mengingat sekarang adalah zamanya Smartphone ! yang dimana orang - orang kebanyakan membuka mesin pencarian google melalui gadget atau smartphone mereka. Dan hal inilah yang mengharuskan sebuah blog mempunyai desain yang responsiv serta mobile friendly agar gampang dibuka melalui smartphone, table dan lainya. Ini adalah nyata ! ketika kita browsing dari smartphone yang akan keluar pada halaman pertama itu hanya blog yang mempunyai template dan desain "Mobile Friendly" yang artinya sangat ramah dan optimal jika dibuka dari smartphone dan tidak ada error dan sebagainya.

6. Membuat Fanpage Facebook

Ini tentu saja akan memudahkan orang - orang yang ada di facebook untuk mendapatkan artikel - artikel terbaru dari blog kita. Mengingat pengguna media sosial khususnya facebook sangatlah besar jumlahya dan juga facebook mempunyai fiture "berbagi" yang memungkinkan 1 orang berbagi artikel kepada orang lainya.

7. Carilah Backlink Yang Berkualitas

Ini merupakan cara yang sudah tersohor di dunia blogging, baclink sudah tidak asing lagi ditelinga seorang blogger, dan sudah terbukti dapat meningkatkan posisi artikel blog pada mesin pencarian khsusnya google. tapi kita harus mencari backlink yang berkualitas.

8. Tombol Subscribe

Tempatkanlah tombol subscribe pada tempat yang paling memungkinkan semua pengunjung untuk mengkliknya. dan juga ini harus diimbangi dengan kualitas artikel yang bagus. karena percuma jika kita sudah menempatkan tombol subscribe ditempat yang bagus namun artikel kita basi dan tidak menarik.

9. Perhatikan Jumlah Iklan Dan Penempatanya

Perhatikan aturan menaruh iklan yang benar dan baik agar pengunjung tidak kapok dan memilih langsung kabur dari blog kita karena dipenuhi iklan - iklan seperti iklan pop ads, pop cash dan iklan melayang - melayang lainya karena itu sangat mengganggu sekali. Tidak ada salahnya menaruh iklan pada blog kita asalkan memperhatikan jumlah dan tempat menaruhnya. Bayangkan saja jika ada pengunjung yang sangat butuh informasi secepatnya namun ketika membuka blog kalian bukanya informasi yang dia dapatkan melainkan setres karena tampilan blog kalian terlalu banyak iklan. itu sangat tidak sopan kalau menurut saya.

10. Bergabung Di Grup - Grup blogger Di Media Sosial

Cara ini sangat bagus sekali untuk mempromosikan artikel - artikel kita dan juga bisa memper erat silaturahmu antar sesama blogger dan juga saling bertukar informasi seputar SEO dan sebagainya. Dan ingat hindari SPAM karena sangat merugikan orang lain.

1 Response to "Tips Dan Cara Meningkatkan Traffic Blog "

  1. Are you trying to make cash from your visitors by running popunder ads?
    If so, did you try using PopCash?

    ReplyDelete